>>
Anda sedang membaca...
Coretan Bebas

Lihat sisi baiknya, menentramkan hati.

Ada sebuah hadits nabi yg menyatakan bahwa menjadi seorang mukmin merupakan suatu anugerah. Bagi seorang mukmin, tak ada yg dirisaukan dalam kehidupan di dunia ini. Baginya semua yg ada dan dia hadapi adalah suatu kebaikan. Bunyi dari sabda Nabi tersebut antara lain; sungguh ajaib kehidupan seorang mukmin. Jika ia mendapat musibah, dia akan bersabar, sedangkan bersabar akan menentramkan hati dan merupakan tuntunan dalam ajaran Islam. Dan pelakunya akan mendapat nilai kebaikan. Definisi sabar dalam penerapannya dalah kehidupan ini sangat luas.
Seorang yang mampu bersabar ketika ia marah, ia mampu menahan ucapan yg tidak baik dari mulutnya, mampu menahan gerak fisik untuk menumpahkan gejolak amarah, padahal ia mampu. Orang ini merupakan orang yang sangat beruntung. Dalam al-Qur’an diistilahkan dengan ‘al-khadzimiinal ghaidz’, orang2 yang mampu mengendalikan luapan emosinya.
Sabar tidak berarti lemah, justeru sabar adalah paramater kekuatan seseorang. Sabar yg membentuk jiwa yg arif, selalu berfikir sebelum berucap dan bertindak. Selalu berfikir baik atau buruk. Jika baik, apakah baik juga untuk orang lain, apakah baik juga untuk masa yang akan datang. Kesabaran inilah yg akan membantuk jiwa seorang prajurit sekuat seribu lawannya. Sabar… Kata yg harus ada dalam jiwa kita, harus kita camkan, tanamkan dalam kehidupan kita.
Point kedua keistimewaan seorang mukmin adalah; ketika mereka mendapatkan nikmat, mereka akan bersyukur. Bersyukur merupakan ibadah dan bentuk I’tiraf, pengakuan dan pengagungan pada Dia sang pemberi nikmat. Bersyukur lebih bermakna jika kita memaknainya tak sekedar kata-kata. Bersyukur dengan menggunakan nikmat yg kita dapatkan sesuai kehendak dan tuntunan sang pemberi nikmat….

#Alhamdulillah nomor antrianku dipanggil juga.

Diskusi

2 thoughts on “Lihat sisi baiknya, menentramkan hati.

  1. Nice post om, salam kenal :)

    Posted by Ahmad Athif Fahdi | 2014/09/04, 17:54
  2. salam kenal juga :-D

    Posted by lukman.my.id | 2015/01/28, 06:32

Ayo tanggapi tulisan ini!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Me on FB

Tweet

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Blog Stats

  • 18,316 hits
%d blogger menyukai ini: