>>
Anda sedang membaca...
Mutiara Hadits

Sorry, Izin dulu..!

“Tok.. tok.. tok!” Ketukan pintu terdengar dari luar.
“Ya, siapaaa?” Jawaban dari empu rumah.
“Saya”
“Siapaaaa!” Agak kesel.
“Sayaa” Kalem….
“Babeh loe, katrok amat sih, masa ngasi loe nama “saya”, dah loe pergi!” Tuan rumah meradang.
“$@#€%£?” Hick.. hick…

*********

Wah, wah. Jadi repot deh urusannya. Cuman gara-gara hal sepele jadi peristiwa pengusiran. Siapa yang salah?

Ini persis seperti dalam hadits yang diriwayatin oleh Jabir radiallahu ‘anhu. Beliau cerita gini:
“Suatu hari aku menemui Rosul saallahu ‘alaihi wasalam. Sesampainya didepan rumah, aku mengetuk pintu. (tok.. tok.. tok..).
Rasul berkata: “Siapa?”
“Saya” Jabir menjawab.
“Saya, saya (siapa)?” seperti gak seneng. (Bukhari Muslim).

Kita sadar gak sadar pernah ngelakuin hal ini. Entah, teman kita yang ngelakuin itu ke kita. Ato kita yang ngelakuin ke temen kita. Bentuknya mungkin bukan ngetok pintu. Bisa aja kita di telpon ato waktu ngirim SMS:
“Hei bro.. novel KCB yang loe pinjemin ke si Adit, gue pinjem ya!”. Sender Anonim/gak ada di HP….
“Loe siapa cii..?!”
“Gue temen loe” Tanpa dosa…

Sebel gak sich ko loe dimaenin kayak gitu? Hi2.
Islam memang hebat sampe urusan kayak gini. Ada aturannya. Coba kamu cari aturan kayak gini di agama laen..

Setiap kita, so pasti punya urusan yang gak mau dicampurin ma orang laen, istilah kerennya privasi (tul gak?). Mangkanya jangan ampe punya julukan “Slonong Boy” masuk kamar orang laen gak ngetuk pintu, apalagi salam. Gak punya sabun cuci serobot punya orang laen, gak punya odol, maen colek seenak udel (kamu gak tau apa udel? perut bro..!). Orang seperti ini nganggep semuanya seperti harta kekuasaan nenek moyang die. (yang nulis sembarangan amat ya?). Hi2. Sori pren.. ampun dech.

Emang ada aturan seperti ini dalam Islam?
Teentu dunk, banyaaak. Yo kita liat yang ini:

Abi musa al-Asyary radiallahu ‘anhu berkata, bahwa rasulullullah salallahu ‘alaihi wasalam bersabda:
“Minta izin itu (cukup) tiga kali, jika diizinkan (silahkan masuk), tapi jika tidak, pulanglah” (Bukhari Muslim).

Gimana?..
Jadi kalo kamu minta izin masuk rumah jangan “nyosor” gitcu donk. Gak boleh ada “unsur pemaksaan”. Gak baik juga buat kelangsungan hidup. Malu maluin “nenek moyang” aja loe. h2.

Satu hadits lagi. Rugi loe gak baca yang ini. Sueer bo!.

Dari Kaldah ibnu Hanbal radialahu ‘anhu:
“Aku mendatangi Nabi salalahu ‘alaihi wasalam, kemudian aku memasuki (rumahnya) tanpa mengucap salam. Nabi berkata:
“Kembalilah, ucapkan salam, (terus tanya): “bolehkah saya masuk?”
(Abu Dawud dan Tirmidzi)

Jadi memang jelas, perilaku “slonong boy” tuch, gak aada sama sekali aturannya dalam islam. Kalo kamu masuk rumah, kamar ato ruang pribadi laen. Kamu mesti ucap salam, terus tanya:
“Gue loe izinin gak masuk sini?”
Khan damai tuh. Gak bakalan dech ada pertum pahan darah. kk kk kk.

Segitu dulu, Ane tau mata kamu dah gak tahan lagi, kalo tulisan ini ane terusin.
Ane kan perhatian banget ma kamu (ceileee.. kwk kwk). Doain yang nulis, cepet sehat. Lagi flu nich.. hufff. Khan, doa sodara buat sodaranya kata rosul bakal dikabulin. Hayo.. dah baca artikel sblumnya gak?

Allahu ‘alam…

Diskusi

2 thoughts on “Sorry, Izin dulu..!

  1. wiz da kemajuan nich,tulisany ga kaku…jadi inget perjuangan IRTIQO….

    Posted by kaka echa | 2009/11/02, 05:57
  2. Wah, jadi nostalgila dech kk

    Posted by elhsilv | 2009/11/02, 08:08

Ayo tanggapi tulisan ini!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Me on FB

Tweet

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Blog Stats

  • 18,316 hits
%d blogger menyukai ini: