>>
Anda sedang membaca...
Menulis

Nulis di Blog? Guampaang…

0071Ada mungkin yang menganggap, ngeblog hanya kerjaan pengangguran. Tapi ada juga yang berfikir positif, ngeblog sebagai aktifitas yang baik. Salah satunya dengan ngeBlog, seseorang akan terbiasa menulis, dan otomatis seorang blogger perlu bahan untuk menulis.
Sangat mustahil sebuah teko akan mengisi gelas dengan air, jika teko tersebut kosong. Nah, seorang blogger butuh bahan-bahan untuk ia tuangkan dalam tulisannya.
Bagaimana mendapatkannya? Gampang, bisa dengan membaca buku, majalah, berita. Atau apa yang ia lihat, dengar dari lingkungannya jika sedikit kreatif.
Kita juga dapat mengambil dari penulis lain untuk dimuat di blog. Tapi ingat harus seizing empunya, dan menuliskan sumber tulisan itu didapat. Hargai karya orang lain.
Ok, kembali. Jangan pernah menganggap menulis adalah pekerjaan yang susah, atau jika sekarang terlintas di pikiran anda demikian, buang jauh jauh, supaya jangan pernah hinggap lagi di kepala.
Tanamkan baik baik, menulis itu gampang, dan memang gampang. Tulis saja apa yang ada dipikiran, jika tak ada, mustahil tak ada.
Kenapa? Karena kita tahu setiap manusia pasti mempunyai masalah, apapun itu. Dan manusia adalah mahluk yang berfikir, hehe jika tak bisa berfikir berarti bukan manusia donk. Tuangkan saja masalah anda pada tulisan. Tulis!
Anda sulit menulis? Tulis kesulitan anda dalam menulis. Contohnya saya, anda jangan menganggap saya pandai menulis. Saya seperti anda. Saya bingung mau menulis apa. Ya sudah, kebingungan saya, saya jadikan tulisan ini.
Biarkan tangan anda menulis, jangan pikirkan tulisan anda baik atau tidak, runut apa enggak. Jangan hiraukan aturan begini, caranya begitu, tendang jauhjauh teori menulis. Anda tidak akan mati karena menulis seenak anda, atau karena tulisan anda jelek.
Ini konsep yang diistilahkan pak Jonru: “Otak kanan dulu, baaru otak kiri”.
Otak kanan. Anda harus menulis sebebas anda, sebebas bebasnya. Terus saja menulis, jangan di edit dulu. Biarkan berantakan.
Naah, setelah anda anggap selesai. Baru dech gunain otak kiri. Edit sebaik mungkin. Atau minta rekan anda untuk mengedit.
Dalam menulis di blog, anda tak perlu menggunakan kata yang njelimet bin susah difahami. Ini bukan tesis atau jurnal ilmiah.
Tulisan anda akan di baca oleh bermacam orang. Anggap saja orang yang akan membaca tulisan anda adalan anak SD. Mmm, kecuali jika memang tulisan anda adalah tulisan ilmiyah yang diperuntukan bagi kalangan tertentu, oh tentu saja diperbolehkan.

Take Action NOW!

Mulailah sekarang, jangan katakan: “ saya akan menulis nanti”.
Ada dua kategori penulis:
Orang ini memulai menulis dan terus menulis walau ia belum mendapatkan teori menulis, dan belum pernah mengikuti pelatihan atau kursus menulis sekalipun. Ia terus menulis, sampai ia menemukan teori menulis setelah ia menjadi penulis.
Orang yang kedua. Ia rajin baca teori menulis, ikut pelatihan menulis, segala teori menulis ia makan. Kemudian ia mulai menulis.
Kedua duanya baik. Tapi menurut penelitian, sebagian besar penulis yang sukses adalah tipe pertama. Ini bukan berarti tipe kedua tidak baik. Kenapa? Kuncinya adalah terus berlatih menulis.
Menulis seperti berenang, sebejibun apapun seseorang memiliki teori berenang, berbagai gaya renang ia hafal diluar kepala dengan baik dan benar. Tapi tetap, jika ia tak pernah praktek, ia hanya akan bisa menggunakan gaya batu alias kelelep.
Begitu juga menulis, semakin kita rajin berlatih, niscaya kita akan lebih lihay menarikan pena diatas kertas.
So say, Writing is easy and Do it NOW.

Diskusi

Belum ada komentar.

Ayo tanggapi tulisan ini!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Me on FB

Tweet

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Blog Stats

  • 18,316 hits
%d blogger menyukai ini: